Peran Sistem Informasi Manajemen

 


      Pada hakikatnya suatu sistem terdiri dari kumpulan struktur dan proses. Menurut saya, definisi sistem yaitu kumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk suatu kesatuan yang kompleks dan terintegrasi dalam tingkat tertentu, yang berusaha mencapai tujuan dan sasaran yang sama. Di dalam sistem, kumpulan komponen-komponen tersebut juga berinteraksi dengan lingkungannya. Kumpulan interaksi tersebut beroperasi dalam suatu batasan yang disebut dengan batas sistem.  Salah satu contoh sistem fisik yang menekankan pada pendekatan komponen ialah Sistem Informasi Manajemen (SIM).

       Berkaitan dengan kesuksesan operasional bisnis, menurut saya manajemen harus dapat menjaga dan mengelola sumber daya yang dimilikinya dengan efektif dan efisien. Sumber daya informasi merupakan salah satu aset yang krusial dan memiliki peran penting dalam proses manajemen binsis, terlebih di era globalisasi.  Setiap manajemen di tiap tingkatan membutuhkan informasi guna menunjang pelaksanaan fungsi manajemen yang dilakukannya. Sumber informasi adalah data-data yang dimiliki oleh manajemen. Data tersebut nantinya diolah melalui model untuk dihasilkan informasi yang berguna bagi para pemakainya. Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sistem yang direncanakan untuk mengumpulkan, menyimpan dan menyebarluaskan data berupa informasi dalam bentuk digital yang dibutuhkan manajemen. Cara kerja sistem informasi manajemen, dimulai dari pengolahan data kemudian disimpan dalam database terpusat di mana informasi dapat diakses dan di-update oleh semua orang yang memiliki wewenang sesuai dengan tujuan mereka. Informasi yang dipakai adalah informasi yang relevan, akurat dan aktual.

Arti penting kita mempelajari mengenai Sistem Informasi Manajemen ialah karena SIM memiliki peran serta manfaat yang penting dalam proses manajemen bisnis. Semakin baik SIM dalam suatu perusahaan, maka akan meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

A. SIM digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen dalam sebuah organisasi. Keputusan harus didasari oleh informasi yang tepat agar setiap langkah yang diambil tidak salah arah dan tidak merugikan perusahaan.

B. SIM dapat membuat tugas manajemen lebih efektif karena menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat

C. SIM membantu manajemen dalam menganalisis data yang diperlukan untuk melaksanakan fungsi manajemen

D. SIM dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan masalah di dalam organisasi karena tersedianya data informasi yang menunjang aktivitas problem solving.

E. SIM memungkikan manajemen memiliki akses data informasi yang cepat dan akurat

F. SIM dapat membantu dalam fungsi perencanaan manajemen karena menyediakan data informasi historis yang berguna bagi aktivitas forcasting.

G. SIM membuat perusahaan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi sehingga meningkatkan daya saing dalam ekosistem bisnis.

H. SIM memungkinkan perusahaan mengetahui adanya kegiatan yang tidak menambah nilai pada output sehingga dapat mencapai efisiensi dan memangkas cost yang tidak perlu.

I. SIM mencegah terjadinya pembengkakan biaya operasional. Memakai sistem informasi manajemen pun efektif untuk menekan human error yang berpengaruh pada penggunaan uang. Berkurangnya kesalahan lantas akan meningkatkan produktivitas.

J. SIM memudahkan koordinasi antar divisi karena memungkinkan terjadinya transfer data informasi secara realtime yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas. Seluruh divisi manajemen akan saling terhubung satu sama lain, dan informasi yang dihasilkan menjadi lebih baik dan minim kesalahan. Bukan hanya itu, proses pendelegasian tugas akan lebih mudah.

K. Dengan adanya SIM, perusahaan akan lebih peka dengan adanya kekeliruan, dan kelengkapan informasi data pada perjalanan bisnis perusahaan. Sehingga dengan latar belakang tersebut segala upaya perbaikan dan evaluasi bisa cepat segera dilakukan.

L SIM mengendalikan kinerja bisnis supaya lebih cepat dengan pendayagunaan waktu yang efektif dan maksimal.

M. Dengan SIM, layanan yang diberikan perusahaan lebih berkualitas. Sistem informasi berbasis internet atau digital yang bisa diakses secara online maka tentunya akan membuat pelayanan diperbarui menjadi lebih baik lagi, sehingga dengan demikian proses pelayanan bisa berjalan dengan lebih cepat

Komentar