Riset Pemasaran Dalam Perencanaan Pemasaran
Perencanaan
pemasaran memiliki peran yang sangat krusial bagi suatu perusahaan dalam
mewujudkan tujuan strategis perusahaan. Disamping itu, dalam dunia pemasaran,
tren dan lingkungan bisnis mengalami perubahan yang semakin cepat pada berbagai
aspek, sehingga mengharuskan perusahaan untuk mampu bergerak bersama
dengan perubahan tersebut sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Satu kegiatan
yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi perubahan
yang akan terjadi di masa yang akan datang. Caranya adalah dengan melakukan
peramalan. Ramalan harus dilakukan demi mencapai dan menikmati pasar yang menguntungkan.
Eksekusi yang salah akibat kekeliruan peramalan dapat berakibat fatal bagi masa
depan perusahaan. Oleh karena itu, untuk menciptakan suatu perencanaan
pemasaran yang baik dan agar perusahaan dapat melakukan peramalan dengan
efisien dan efektif , sangat dibutuhkan informasi yang lengkap aktual relevan,
terbaru yang terus-menerus diperbaharui dan dapat dipercaya agar mencapai
sasaran pemasaran lebih optimal. Informasi tersebut harus diperoleh
dengan cara yang tepat dan sistematis yaitu melalui penelitian pemasaran.
Penelitian
pemasaran merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi tentang perilaku
konsumen. Penelitian pemasaran menghubungkan perusahaan dengan konsumen, pasar,
dan masyarakat melalui informasi. Penelitian pemasaran digunakan untuk
mengidentifikasi peluang pasar, permasalahan pemasaran, serta mengevaluasi
kegiatan dan kinerja pemasaran. Dari definisi ini jelas bahwa penelitian
pemasaran memiliki fungsi dalam pengambilan keputusan pemasaran yang unggul. Dengan
kata lain, penelitian pemasaran merupakan kegiatan penelitian di bidang
pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan
penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil
penelitian. Semuanya ini ditujukan sebagai masukan pihak manajemen untuk
identifikasi masalah dan mengambil keputusan pemecahan masalah. Hasil penlitian
dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dan merebut peluang pasar. Penelitian pemasaran bagaikan mata dan telinga
bagi pemasar di perusahaan untuk mengetahui bagaimana pandangan konsumen
terhadap produk dan layanan perusahaan. Selain itu penelitian pemasaran juga
bisa menghasilkan ukuran-ukuran yang menjadi patokan seberapa besar performa
produk dan layanan dibanding pesaing-pesaingnya. Dengan menggunakan penelitian
pemasaran, pemasar di perusahaan memiliki indikator-indikator yang kuat, tidak
sekedar intuisi, karena informasi yang dihasilkan dari penelitian pemasaran
berdasarkan berbagai metodologi dan pendekatan yang sistematis dan terstruktur
Referensi:
Peran
Riset Pemasaran dalam Keputusan Pemasaran.Yanti Purwanti.2008. Jurnal Ilmu
Administratsi Bisnis
Buku
Materi Pokok Manajemen Pemasaran EKMA4216
Tumpal,
Daniel. Materi Pokok Perencanaan Pemasaran;1-9;EKMA4569/3 sks/Cet.17;Ed.1.
Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2020. 432 hal;ISBN:979-011-190-8
Komentar