Riset Pemasaran Dalam Perencanaan Pemasaran

 


    Perencanaan pemasaran memiliki peran yang sangat krusial bagi suatu perusahaan dalam mewujudkan tujuan strategis perusahaan. Disamping itu, dalam dunia pemasaran, tren dan lingkungan bisnis mengalami perubahan yang semakin cepat pada berbagai aspek,  sehingga mengharuskan perusahaan untuk mampu bergerak bersama dengan perubahan tersebut sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Satu kegiatan yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Caranya adalah dengan melakukan peramalan. Ramalan harus dilakukan demi mencapai dan menikmati pasar yang menguntungkan. Eksekusi yang salah akibat kekeliruan peramalan dapat berakibat fatal bagi masa depan perusahaan. Oleh karena itu, untuk menciptakan suatu perencanaan pemasaran yang baik dan agar perusahaan  dapat melakukan peramalan dengan efisien dan efektif , sangat dibutuhkan informasi yang lengkap aktual relevan, terbaru yang terus-menerus diperbaharui dan dapat dipercaya agar mencapai sasaran pemasaran lebih optimal.  Informasi tersebut harus diperoleh dengan cara yang tepat dan sistematis yaitu melalui penelitian pemasaran. 



Uraian tentang pentingnya penelitian pemasaran bagi pengambilan keputusan dan uraian simpulan pengertian penelitian pemasaran! 

    Penelitian pemasaran merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi tentang perilaku konsumen. Penelitian pemasaran menghubungkan perusahaan dengan konsumen, pasar, dan masyarakat melalui informasi. Penelitian  pemasaran digunakan untuk mengidentifikasi peluang pasar, permasalahan pemasaran, serta mengevaluasi kegiatan dan kinerja pemasaran. Dari definisi ini jelas bahwa penelitian pemasaran memiliki fungsi dalam pengambilan keputusan pemasaran yang unggul. Dengan kata lain, penelitian pemasaran merupakan kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Semuanya ini ditujukan sebagai masukan pihak manajemen untuk identifikasi masalah dan mengambil keputusan pemecahan masalah. Hasil penlitian dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dan merebut peluang pasar.  Penelitian pemasaran bagaikan mata dan telinga bagi pemasar di perusahaan untuk mengetahui bagaimana pandangan konsumen terhadap produk dan layanan perusahaan. Selain itu penelitian pemasaran juga bisa menghasilkan ukuran-ukuran yang menjadi patokan seberapa besar performa produk dan layanan dibanding pesaing-pesaingnya. Dengan menggunakan penelitian pemasaran, pemasar di perusahaan memiliki indikator-indikator yang kuat, tidak sekedar intuisi, karena informasi yang dihasilkan dari penelitian pemasaran berdasarkan berbagai metodologi dan pendekatan yang sistematis dan terstruktur

    Adapun tujuan riset pemasaran selain untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang ada. Para pengambil keputusan dengan berbagai keterampilan hebat akan sia-sia tanpa informasi yang relevan dan akurat. Informasi memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan perusahaan, manajemen dihadapkan pada tantangan dalam memperoleh informasi tentang pasar, persaingan, dan kinerja pemasaran. Informasi dianalisis dan tindakan diambil untuk merealisasikan peluang serta menghindari ancaman. Keputusan pemasaran sendiri menyangkut berbagai isu seperti bagaimana perusahaan harus bersikap dan mengambil posisi dalam persaingan pemasaran, bagaimana cara memasuki pasar yang baru dan pengelolaan atribut produk. Contohnya bagaimana meletakkan produk perusahaan disuatu supermarket, dimana harus diletakkan sebanyak mungkin dan seberapa banyak harus tersedia sehingga mampu menggerakkan konsumen untuk membeli. Keputusan-keputusan semacam ini memerlukan penelitian pemasaran agar implementasinya pun tidak salah arah. untuk meramal tanggapan pembeli terhadap atribut produk penjual memerlukan penelitian pemasaran. Dengan melakukan kegiatan penelitian pemasaran perusahaan juga dapat mengurangi tingkat risiko kesalahan dalam pengambilan keputusan.

 

Referensi:

Peran Riset Pemasaran dalam Keputusan Pemasaran.Yanti Purwanti.2008. Jurnal Ilmu Administratsi Bisnis

Buku Materi Pokok Manajemen Pemasaran EKMA4216

Tumpal, Daniel. Materi Pokok Perencanaan Pemasaran;1-9;EKMA4569/3 sks/Cet.17;Ed.1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2020. 432 hal;ISBN:979-011-190-8

Komentar

Postingan Populer