Peran Perencanaan Pemasaran


Suatu bisnis yang bergerak dalam industri telekomunikasi, dijalankan melalui perumusan perencanaan pemasaran yang mendasarkan pada pasar, pelanggan dan produk yang ada. Setujukah Anda bahwa pelaku bisnis tersebut perlu membuat struktur atau outline perencanaan pemasaran dengan jelas agar tingkat keuntungan  dan pertumbuhan penjualan yang diharapkan dapat lebih terealisasi? Jelaskan alasan Anda.

            Ya saya setuju. Menurut saya, semua entitas bisnis termasuk bisnis yang bergerak dalam industri telekomunikasi perlu membuat outline perencanaan pemasaran dengan jelas dan terperinci. Perencanaan pemasaran sangatlah penting untuk keberlanjutan industri usaha karena menurut saya keberhasilan tujuan bisnis sangat ditentukan saat menyusun perencanaan pemasaran. Perencanaan pemasaran merupakan bagian dari rencana bisnis yang berupa serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana, tujuan, dan strategi pemasaran , mencakup tentang bagaimana serta apa tindakan riil dari sebuah perusahaan dalam mencapai target pemasaran mereka agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berperan sebagai pedoman utama dalam menentukan arah kemana sebuah perusahaan akan berkembang dan berperan sebagai pembatas sebuah perusahaan untuk menghindari risiko dan membantu perkembangan sebuah perusahaan.

            Sumber daya pemasaran perusahaan yang terbatas, harus dirancang dan dikelola seoptimal mungkin melalui perencanaan pemasaran sehingga efisisen dan efektif untuk mencapai sasaran pemasaran produk dan layanan tersebut. Perencanaan pemasaran dapat dianalogikan sebagai roadmap/tolak ukur bagi divisi pemasaran agar aktivitas pemasaran dapat berjalan linear, sehingga tujuan serta harapan perusahaan untuk mendapatkan profit dan tingkat pertumbuhan penjualan yang tinggi dapat tercapai. Outline perencanaan pemasaran yang baik akan mampu mengatasi tekanan kompetisi dari kompetitor sejenis, kompleksitas lingkungan dan kecepatan perkembangan teknologi dimana ketiga faktor eksternal tersebut dapat diantisipasi, dianalisis dan diidentifikasi lebih awal untuk memperkecil dampak/risiko kerugian. Outline perencanaan pemasaran juga mampu memfokuskan aktivitas pemasaran sehingga dapat memaksimalkan keuntungan. Outline perencanaan pemasaran yang jelas mampu menghasilkan tindakan korektif dan solutif untuk memanfaatkan kesempatan dan keunggulan serta menghindari ancaman. Perencanaan pamasaran menghasilkan informasi yang mampu menyatukan tindakan serta pikiran pekerja tentang sasaran pemasaran dan langkah konstruktif. Bukan hanya itu, dengan adanya outline perencanaan pemasaran yang jelas, itu dapat dijadikan  kendaraan untuk merealisasikan penjualan, menjadi bukti kontrol berwujud visual dan berstruktur formal dimana divisi pemasaran secara profesional dan bertanggung jawab mampu mendeskripsikan setiap elemen seperti analsisi SWOT, analisis customer (B2C atau B2B), Segmenting Targeting Positioning (STP), marketing mix (7P),  biaya, sasaran dan strategi pemasaran.

Referensi :

Tumpal, Daniel. Materi Pokok Perencanaan Pemasaran;1-9;EKMA4569/3 sks/Cet.17;Ed.1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2020. 432 hal;ISBN:979-011-190-8

LinovHR. 2020.Segmentasi Pasar; Pentingkah dalam Perusahaan?. https://accurate.id/marketing-manajemen/rencana-pemasaran-lengkap/.(  diakses tanggal 7 April 2021 pukul 14.56) 

Komentar

Postingan Populer