Peran Perencanaan Pemasaran
Suatu bisnis yang bergerak dalam industri telekomunikasi, dijalankan melalui perumusan perencanaan pemasaran yang mendasarkan pada pasar, pelanggan dan produk yang ada. Setujukah Anda bahwa pelaku bisnis tersebut perlu membuat struktur atau outline perencanaan pemasaran dengan jelas agar tingkat keuntungan dan pertumbuhan penjualan yang diharapkan dapat lebih terealisasi? Jelaskan alasan Anda.
Ya saya setuju. Menurut saya, semua
entitas bisnis termasuk bisnis yang bergerak dalam industri telekomunikasi
perlu membuat outline perencanaan pemasaran dengan jelas dan terperinci. Perencanaan
pemasaran sangatlah penting untuk keberlanjutan industri usaha karena menurut
saya keberhasilan tujuan bisnis sangat ditentukan saat menyusun perencanaan
pemasaran. Perencanaan pemasaran merupakan bagian dari rencana bisnis yang
berupa serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk
mendapatkan keputusan rencana, tujuan, dan strategi pemasaran , mencakup
tentang bagaimana serta apa tindakan riil dari sebuah perusahaan dalam mencapai
target pemasaran mereka agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berperan
sebagai pedoman utama dalam menentukan arah kemana sebuah perusahaan akan
berkembang dan berperan sebagai pembatas sebuah perusahaan untuk menghindari
risiko dan membantu perkembangan sebuah perusahaan.
Sumber daya pemasaran perusahaan yang
terbatas, harus dirancang dan dikelola seoptimal mungkin melalui perencanaan
pemasaran sehingga efisisen dan efektif untuk mencapai sasaran pemasaran produk
dan layanan tersebut. Perencanaan pemasaran dapat dianalogikan sebagai
roadmap/tolak ukur bagi divisi pemasaran agar aktivitas pemasaran dapat
berjalan linear, sehingga tujuan serta harapan perusahaan untuk mendapatkan
profit dan tingkat pertumbuhan penjualan yang tinggi dapat tercapai. Outline
perencanaan pemasaran yang baik akan mampu mengatasi tekanan kompetisi dari
kompetitor sejenis, kompleksitas lingkungan dan kecepatan perkembangan
teknologi dimana ketiga faktor eksternal tersebut dapat diantisipasi, dianalisis
dan diidentifikasi lebih awal untuk memperkecil dampak/risiko kerugian. Outline
perencanaan pemasaran juga mampu memfokuskan aktivitas pemasaran sehingga dapat
memaksimalkan keuntungan. Outline perencanaan pemasaran yang jelas mampu menghasilkan
tindakan korektif dan solutif untuk memanfaatkan kesempatan dan keunggulan
serta menghindari ancaman. Perencanaan pamasaran menghasilkan informasi yang
mampu menyatukan tindakan serta pikiran pekerja tentang sasaran pemasaran dan
langkah konstruktif. Bukan hanya itu, dengan adanya outline perencanaan
pemasaran yang jelas, itu dapat dijadikan
kendaraan untuk merealisasikan penjualan, menjadi bukti kontrol berwujud
visual dan berstruktur formal dimana divisi pemasaran secara profesional dan
bertanggung jawab mampu mendeskripsikan setiap elemen seperti analsisi SWOT,
analisis customer (B2C atau B2B), Segmenting Targeting Positioning (STP),
marketing mix (7P), biaya, sasaran dan
strategi pemasaran.
Referensi
:
Tumpal,
Daniel. Materi Pokok Perencanaan
Pemasaran;1-9;EKMA4569/3 sks/Cet.17;Ed.1. Tangerang Selatan: Universitas
Terbuka, 2020. 432 hal;ISBN:979-011-190-8
LinovHR.
2020.Segmentasi Pasar; Pentingkah dalam
Perusahaan?. https://accurate.id/marketing-manajemen/rencana-pemasaran-lengkap/.( diakses tanggal 7 April 2021 pukul 14.56)
Komentar