Konsep Relationship Marketing Pada Perusahaan Jasa

 


Konsep Relationship Marketing pada perusahaan jasa adalah bagian dari strategi pemasaran holistik yang bertujuan untuk membangun hubungan serta komunikasi yang solid dan kuat dalam jangka panjang yang saling memuaskan dengan pihak-pihak utama seperti pelanggan, pemasok, distributor, dan mitra pemasaran lainnya. Salah satu upaya untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang ada/ meningkatkan customer loyalty. Konsep relationship marketing merupakan aspek penting bagi perusahaan jasa, dimana perusahaan jasa perusahaan berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dalam konsep ini, perusahaan jasa menyediakan faktor-faktor penting yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan seperti rasa kepercayaan, utilitas, komitmen, penanganan konflik, dan mutualitas.  proses relationship marketing kedalam rencana strategi pemasaran akan memungkinkan perusahaan mengelola sumber daya dengan baik dan memenuhi kebutuhan konsumen di masa mendatang.


Tujuan relationship marketing salah satunya adalah untuk menemukan lifetime value dari pelanggan. Setelah lifetime value didapat, perusahaan jasa harus berusaha meningkatkan lifetime value masing-masing kelompok pelanggan setiap harinya. Setelah mencapai tingkat lifetime value yang tinggi maka perusahaan jasa akan mendapatkan profit dan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah. Dengan demikian, tujuan jangka panjangnya adalah menghasilkan keuntungan terus menerus dari dua kelompok pelanggan: pelanggan yang sekarang dan pelanggan baru. Bentuk wujud nyata dari konsep Relationship Marketing yang biasa ditemukan yaitu tersedianya divisi customer service/ customer care dimana pelanggan dipersilahkan untuk menyampaikan saran serta kritik kepada perusahaan.

Komentar

Postingan Populer