Contoh Perilaku Pelanggan dan Perilaku Konsumen terhadap sebuah produk

    Dalam memasarkan suatu barang, dibutuhkan suatu kemampuan untuk melihat pasar, apa yang diinginkan oleh konsumen dan apa target pasar yang ingin disasar oleh produk yang dikeluarkan. Maka dari itu kemampuan melihat tingkah laku perilaku konsumen menjadi suatu hal yang cukup penting, Perilaku konsumen sendiri sebenarnya adalah faktor – faktor yang menyebabkan konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli barang atau menggunakan suatu jasa. Perilaku konsumen adalah aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli sedangkan perilaku pelanggan adalah aktivitas mental dan fisik yang terjadi saat memilih dan membeli sebuah produk.  

    Kedua istilah tersebut memiliki perbedaan pada aspek tindakannya yaitu perilaku pelanggan lebih menekankan pada tindakan memilih dan membeli  dikenal dengan buyer yaitu individu yang melakukan transaksi pembelian sesungguhnya, sedangkan perilaku konsumen lebih menekankan pada tindakan menggunakan dikenal dengan user, yaitu individu yang mempergunakan produk atau jasa yang dibeli. Perilaku konsumen menjadi penting dikarenakan berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan beli. Keputusan beli yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tentunya ada banyak sekali faktor yang mendasari perilaku konsumen ini. Karena seseorang yang berperan sebagai konsumen pasti memiliki alasan tersendiri ketika membeli suatu barang. Faktor-faktor/standar tersebut dapat berbedabeda untuk masing-masing pembeli dan masing-masing produk. 

    Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), mengevaluasi pembeliannya tersebut. Hal tersebut akan berdampak pada pengulangan pembelian barang atau tidak. Konsep inti perilaku konsumen dapat dijelaskan dengan 5W 1H yaitu Apa yang mereka beli?, dimana mereka membeli?, bagaimana mereka membeli?, Berapa banyak mereka membeli?, Kapan mereka membeli?, Mengapa mereka membeli?. 

Contoh perilaku pelanggan terhadap sebuah produk 

Risa adalah seorang mahasiswi di sebuah universias X. diumur Risa yang ke 19 risa memliki temanteman yang gemar sekali dengan industri hiburan korea atau yang biasa disebut dengan K-pop. Dikarenakan intensitas pertemuan risa dengan teman-teman nya itu bisa dibilang cukup sering, terlebih teman-teman risa mulai mempengaruhi risa dengan mendengarkannya lagu-lagu dan vidio clip dari boyband korea kesukaan mereka. Hingga akhir-akhir ini risa mulai terpengaruh dan ikut menggemari boyband dari korea tersebut. Melihat teman-temannya memiliki banyak barang/ pernak-pernik stuff lucu yang berkaitan dengan idola mereka, risa pun berniat membeli beberapa barang juga. Namun, uang risa terbatas. Risa bertanya kepada teman-temannya dimana dia bisa mendapatkan pernak-pernik yang lucu namun dengan harga terjangkau, teman-teman risa menyarankan untuk membelinya di kaka kelas langganan mereka yang memang sudah lama menjual pernak-pernik boyband korea. Tidak hanya itu, risa pun mencari di e-commerce dan instagram sebagai pertimbangan dan alternatif pembelian. Akhirnya risa memutuskan untuk membeli 5 produk barang pernak-pernik boyband korea kesukaannya di e-commerce karena disana risa dapat membeli dengan harga lebih murah karena sedang ada diskon akhir tahun, gratis ongkir, dan review/testimoni konsumen yang juga menilai toko pilihan risa menjual produk yang berkualitas dengan harga yang lebih murah dari toko lain. Alasan risa membeli produk di e-commerce risa dapat membelinya dari rumah saja, lebih praktis, aman, dapat melakukan pembayaran secara digital, dan terpercaya disbanding jika risa membeli produk di kaka kelas langganan teman-temannya.  

Contoh perilaku konsumen terhadap sebuah produk 

Aldo adalah seorang supervisor di suatu perusahaan telekomunikasi. Aldo sangat mengikuti tren perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju dari tahun ke tahun. Terlebih pekerjaan aldo mengharuskannya memiliki gadget/ laptop yang canggih dan up to date untuk membantu dalam pekerjaannya. Aldo adalah pelanggan setia dari merek Apple. Menurutnya semua produk yang dikeluarkan oleh Apple sangat modern, berkualitas, dan memiliki nilai prestise yang tinggi. Bulan ini Apple meluncurkan handphone barunya yaitu Iphone 12 Pro. Melihat informasi tersebut di media digital, Aldo langsung melakukan pemesanan HP ipone terbaru itu karena Aldo tidak ingin kehabisan stok. Meskipun harga iphone 12 pro relatif mahal bagi aldo, namun pengetahuan aldo tentang merek iphone membuatnya tidak ragu untuk membeli produk Apple. Ketika aldo telah menerima Handphone barunya tersebut dan dengan pemakaian kurang lebih sebulan, Aldo sangat senang dengan keputusannya membeli iphone 12 pro karena kinerja HP nya yang sangat cepat, fitur yang sangat modern dan terkini, kualitas kamera dan processor yang mumpuni, desain HP yang sangat futuristic, hingga pujian yang didapat aldo ketika menggunakan produk Apple sangat memuaskan aldo selaku konsumen setia merek Apple

Komentar

Postingan Populer