Pentingnya Tata Letak Bagi Perusahaan Jasa
Peran tata letak sangat penting, baik untuk industri manufaktur , maupun industri jasa. Perkembangan teknologi justru menyebabkan lahirnya inovasi dalam rancangan tata letak. Pada dasarnya tujuan dirancangnya tata letak adalah untuk mendapatkan susunan tata letak yang paling optimal dari fasilitas-fasilitas produksi yang tersedia di dalam perusahaan. Dengan adanya susunan tata letak yang optimal, diharapkan pelaksanaan proses produksi di dalam perusahaan tersebut akan dapat berjalan dengan lancar dan para karyawan akan dapat menyelesaikan tugas yang dibebankan kepada mereka dengan baik. Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan pada peralatan serta mesin yang digunakan dalam perusahaan jasa. Oleh sebab itu, fleksibilitas tata letak menjadi kunci dalam proses pelayanan dimana dapat dengan leluasa mengatur desain proses dan alur kerja yang sesuai dengan perkembangan teknologi.
Tata letak menjadi tetap penting bagi perusahaan jasa karena dapat meningkatkan efisiensi ruangan, meningkatkan efisiensi tenaga kerja, mengurangi kendala proses, dan memudahkan komunikasi dan interaksi antara para pekerja dengan supervisinya atau antara pekerja dengan para pelanggan perusahaan, memperbaiki kualitas lingkungan kerja, memperbaiki aliran infornasi , kontak/interaksi dengan pelanggan lebih baik dan membangun citra perusahaan. Tata letak yang efektif akan dapat menunjang pelaksanaan strategi bisnis yang telah ditetapkan perusahaan
Tidak semua perusahaan jasa mengurangi interaksi langsung dengan pelanggan, meskipun perkembangan teknologi tumbuh dengan pesat, kesadaran bahwa manusia adalah makhluk sosial dan lingkungan bisnis.tren pasar selalu berubah, maka setiap perusahaan jasa akan beradaptasi dengan mencoba meningkatkan keterhubungannya dengan pelanggan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Tata letak yang dapat menjadi keunggulan kompetitif , tidak hanya memudahkan pekerja namun juga dapat memuaskan pelanggan apabila pelanggan datang berkunjung langsung ke lokasi usaha untuk menikmati layanan. Perpaduan antara rancangan tata letak yang optimal dengan pemanfaatan perkembangan teknologi dapat menjadi daya tarik bagi pelanggan. Tata letak dalam perusahaan jasa juga berperan mengatur area kerja dan segala fasilitas layanan yang paling ekonomis untuk beroperasi secara aman,dan nyaman sehingga akan dapat menaikkan moral kerja dan kinerja pegawai.
Ukuran kinerja kepuasan pelanggan terutama diukur dengan kontak pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal. Pelanggan akan memiliki keterlibatan dalam proses pelayanan yang diberikan. Loyalitas pelanggan, hubungan emosional, kenyamanan pelanggan, dan tingkat Penjualan dapat dipengaruhi oleh tata letak. Peran tata letak didasarkan bahwa lingkungan fisik mempengaruhi perilaku dan persepsi pelayanan, baik bagi pelanggan atau penyedia jasa itu sendiri. Sehingga penentuan tata letak bagi perusahaan jasa masih sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan.
Referensi:
Ariani, Dorothea Wahyu.2011.Manajemen Operasi Jasa. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
HwRentalMobil. 2016. Perencanaan Tata Letak Dalan Proses Produksi Perusahaan. https://henzmail.wordpress.com/2016/06/20/perencanaan-tata-letak-dalam-proses-produksi-perusahaan/ ( diakses pada tanggal 27 Oktober 2020 pukul 13.22)
Komentar