Matriks SWOT
MATRIKS SWOT
Didirikannya suatu unit
bisnis/usaha pastinya memiliki tujuan dan sasaran yaitu hasil atau outcomes
yang ingin dicapai, seperti meningkatkan profitabilitas, memperkuat posisi
bisnis, menjadi market leader hingga memenangkan persaingan pasar. Untuk
mewujudkannya, organisasi harus memiliki strategi bisnis yang handal. Srategi
bisnis sendiri merupakan sekumpulan cara-cara utama, keputusan dan tindakan
yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai sasaran bisnisnya. Kualitas
strategi bisnis akan menentukan kinerja jangka panjang dari sebuah organisasi
karena berkaitan dengan bagaimana perusahaan bersaing dalam suatu industri atau
pasar. Diharapkan dengan strategi bisnis tersebut, perusahaan dapat memperoleh
keunggulan bersaing. Perumusan strategi bisnis yang baik harus didasarkan pada
sasaran bisnis yang ingin dicapai dan disesuaikan dengan kondisi
internal-eksternal perusahaan.
Matriks
TOWS, merupakan salah satu metode/tools yang dapat digunakan oleh perusahaan
dalam merumuskan strategis bisnis karena matriks TOWS mampu memberikan
informasi tentang kondisi internal-eksternal perusahaan dengan menggunakan 4
komponen. Keempat komponen ini dipasangkan sehingga akan diperoleh pilihan rumusan
strategi bisnis yang lebih sistematis dan terarah. Analisis faktor esternal
bertujuan untuk meninjau peluang dan ancaman yang akan dihadapi perusahaan
(dapat jangka pendek maupun jangka panjang). Sedangkan analisis faktor internal
digunakan untuk mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang saat ini dimiliki
oleh perusahaan untuk dapat mencapai sasaran bisnis. Memungkinkan perusahaan
menentukan company profile serta strategi jitu dimana perusahaan akan bersaing
dalam suatu bisnis. Manfaat analisis SWOT bagi perusahaan adalah sebagai
strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan bisnis dan mencapai tujuan
(visi) perusahaan. Selain itu juga dimanfaatkan oleh
para stakeholder untuk mengetahui kondisi faktor internal dan
eksternal dari perusahaan. Adanya penilaian SWOT membantu untuk menetapkan
prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan.
Seperti yang digambarkan pada
grafis diatas, Terdapat 4 (empat) komponen dasar pada analisis matrik SWOT,
yaitu:
-
S: Strength atau
kekuatan. Komponen Strength ini adalah keunggulan perusahaan
yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan yang
lainnya.
-
W: Weakness atau
kelemahan. Weakness adalah komponen yang mengidentifikasi kelemahan
yang dimiliki perusahaan.
-
O: Opportunity atau
peluang. Opportunity adalah peluang-peluang apa saja yang mungkin
bisa dimanfaatkan untuk perusahaan agar bisa makin berkembang nantinya.
-
T: Threat atau
ancaman. Threat adalah keberadaan ancaman-ancaman apa saja yang
mungkin akan dihadapi oleh perusahaan, yang mana dapat menghambat perkembangan
dari perusahaan.
Dari
empat komponen di atas, analisis SWOT dapat dibagi menjadi dua faktor yaitu;
faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal (sumbu X) di sini
meliputi strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan),
sedangkan faktor eksternal (sumbu Y) meliputi opportunity (peluang)
dan threat (ancaman). Pertama-tama, tentukan aspek-aspek
penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu
perusahaan terlebih dahulu. Aspek-aspek pada masing-masing faktor ini lalu
dikombinasikan untuk dianalisa agar dapat memformulasikan strategi bisnis sebagai tahap lanjut dari
pelaksanaan serta sasaran organiasasi. 1)Kombinasi O dan S
mengformulasikan strategi SO dimana perusahaan perlu menciptakan strategi
menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan dan memaksimalkan peluang
yang ada. 2)Kombinasi W dan O mengformulasikan strategi WO dimana perusahaan
peru menciptakan strategi yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan
peluang. 3)Kombinasi S dan T mengformulasikan strategi ST dimana perusahaan
peru menciptakan strategi menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman. 4)
Kombinasi W dan T mengformulasikan strategi WT dimana perusahaan peru menciptakan
strategi meminimalkan kelemahan untuk mengindari ancaman.
Studi Kasus: UMKM di industri
fashion, Distro clothing line ColorBox
Komentar